Artikel tentang e-commerce
Pengertian
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa
Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini
sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial,
seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), pertukaran data
elektronik
(electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang
atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business
lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan
data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain
seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang
ini.
E-dagang
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu
halaman-web (website). Menurut Riset
Forrester,
perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada
bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel
di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat
trilyun dolar US pada tahun 2011.
Electronic
commerce, yang umum dikenal sebagai e-commerce atau e-comm, mengacu pada pembelian
dan penjualan produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan
jaringan komputer lainnya. Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti
transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran Internet, proses
transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen
persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern
biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya pada satu titik dalam siklus
hidup-transaksi itu, meskipun mungkin mencakup lebih luas teknologi seperti e-mail,
perangkat mobile dan telepon juga.
Electronic commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis. Hal ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis.
Electronic commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis. Hal ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis.
Sejarah perkembangan
Istilah "perdagangan
elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan
elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial
seperti pesanan
pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi
suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan
web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai
terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa
e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat
tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak
digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan
situs web perdagangan ini.
E-commerce dapat
dibagi menjadi:
- E-tailing atau "etalase virtual" di situs Web dengan katalog online, kadang-kadang dikumpulkan ke dalam sebuah "mal virtual".
- Pengumpulan dan penggunaan data demografis melalui kontak Web
- Electronic Data Interchange (EDI), pertukaran bisnis-ke-bisnis data
- E-mail dan faks dan penggunaannya sebagai media untuk mencapai prospek dan pelanggan yang ditentukan (misalnya, dengan newsletter)
- Business-to-bisnis jual beli
- Keamanan transaksi bisnis
Aplikasi Bisnisnya:
- Dokumen otomatisasi dalam rantai suplai dan logistik
- Domestik dan internasional sistem pembayaran
- Perusahaan manajemen konten
- Grup membeli
- Otomatis online asisten
- Olahpesan cepat
- Newsgroup
- Belanja online dan pelacakan pesanan
- Online banking
- Kantor online suite
- Keranjang belanja perangkat lunak
- Telekonferensi
- Elektronik tiket
Faktor kunci sukses dalam e-commerce
Dalam banyak kasus, sebuah
perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan
produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang
tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan
infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang
termasuk:
- Menyediakan harga kompetitif
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
- Mempermudah kegiatan perdagangan
Tujuan dan manfaat menggunakan
E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
Manfaatnya:Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
- Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
- Menurunkan biaya operasional (operating cost).
- Melebarkan jangkauan (global reach).
- Meningkatkan customer loyalty.
- Meningkatkan supply management
Hari Sabtu, 23 Juni 2012 Pukul 20.30
Refrensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html