BAB 1
Pendahuluan
Ø Apa
yang dimaksud perilaku konsumen ?
Perilaku
konsumen adalah proses
dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian
produk
dan jasa
demi memenuhi kebutuhan
dan keinginan. Perilaku konsumen
merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Untuk barang berharga
jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan mudah, sedangkan untuk
barang berharga jual tinggi.
Ø Pemikiran
yang benar tentang konsumen
Konsumen adalah
seseorang atau sekelompok orang yang membeli suatu produk untuk dipakai sendiri
dan tidak untuk dijual kembali. konsumen adalah raja sebenarnya, oleh karena
itu sebagai produsen yang memiliki prinsip holistic marketing sudah seharusnya
memperhatikan semua yang menjadi hak-hak konsumen.
Ø
Penelitian
konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis
Konsumen sebagai
ilmu yang dinamis, karena proses berpikir, merasakan, dan aksi dari
setiap individu konsumen, kelompok konsumen, dan perhimpunan besar konsumen
selalu berubah secara konstan. Sifat yang dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi
sangat menantang sekaligus sulit. Suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat
dan tempat tertentu tapi gagal pada saat dan tempat lain. Karena itu suatu
perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi - inovasi secara berkala untuk
meraih konsumennya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar